Sunday 16 October 2011

Posted by Admin | 0 comments

Cara membuat recent post di blogger

Seiring perkembangan dunia blogging, terutama di blogspot ( Blogger) , semakin banyak ide-ide kreatif yang berkembanng. Blogger kini didukung banyak plugin , meski tidak sebanyak CMS lain seperti Wordpress dan Joomla, namun setidaknya google sudah membuka kesempatan bagi para web programming untuk mengembangkan plugin-plugin untuk Blogger.

Salah satu yang di minati yaitu plugin Recent Post , plugin ini mampu menampilkan artikel atau tulisan terbaru yang di buat di blogger. Plugin recent post  sudah tersedia jika kita mengakses ke menu Add a Gadget pada  Design > Page Element > Add A Gadget >Featured disana tersedia setidaknya ada 2 plugin Recenpost. Yang 1 dibuat oleh blogger terkenal Amanda ( Blogger Buster ) dan yang lainya di buat oleh Bloggerplugins.org.

Kita dapat langsung menggunakan plugins tersebut ketika kita meng-add plugin tersebut ke blog kita. Saya lebih suka melihat antarmuka plugins milik Amanda ( Blogger buster ) , namun jika ingin menggunakan javascript secara manual seperti di blog ini, Berikut tutorialnya membuat recent post Blogger versi javascript :

Pertama, pastikan bahwa kita telah meng-add a gadget HTML/JavaScript terlebih dahulu. Kemudian  masukan script berikut ini kedalam Gadget tersebut :

<script src="http://recentjs.googlecode.com/files/recentpost.js"></script>
<script>var numposts = 10; var showpostdate = false; var showpostsummary = false; var numchars = 100; </script>
<script src="http://linu.us/feeds/posts/default?orderby=published&amp;alt=json-in-script&amp;callback=rp">
</script>

Ganti url http://linu.us dengan url/alamat blog anda. Save dan coba refresh blog anda, Recent Post sudah terlihat. Jika ingin mengubah jumlah postingan recent post yang terlihat, cukup ubah parameter numposts = 10 , ubah angka 10 menjadi angka yang di inginkan. Dan jangan lupa untuk menghosting javascript nya di hosting milik anda, atau jika tidak ingin repot gunakan saja script tersebut yang saya host di google.

Semoga bermanfaat

0 comments: