Tuesday 1 November 2011

Posted by Admin | 0 comments

user is not in the sudoers file. this incident will be reported.

Pernah mengalami kasus "[namauser] is not in the sudoers file. this incident will be reported" ketika melakukan perintah yang membutuhkan akses root ? misalnya ingin mengupdate repo atau aplikasi, atau sekedar melakukan pembaharuan ? ya saya yakin jarang, namun jika ini terjadi apa yang harus kita lakukan ?

Eror code :


Sedikit penjelasan tentang eror code tersebut pada os linux, dalam hal ini ubuntu. Dalam manajemen user di ubuntu dikenal ada beberapa tingkatan user, user dan super user. User memiliki privilage atau hak akses yang terbatas, sedangkan super user memiliki akses yang tidak terbatas, artinya jika seorang user biasa ingin melakukan perubahan terhadap system, user biasa akan di tolak. Namun jika yang melakukan itu adalah super user, maka semua perubahan bisa di eksekusi.

Kembali ke eror code tersebut, seorang teman menannyakan hal tersebut di Facebook Fans Page ubuntu Indonesia, dan saya mencoba memberikan alternatif solusi yang sudah berhasil diterapkan untuk menangani masalah seperti itu.

Sederhana, ikuti langkah berikut :

1. Masuklah sebagai root/super user, dengan mengetikan perintah su
2. kemudian di terminal, masukan kode perintah berikut ini :
echo 'administrator ALL=(ALL) ALL' >> /etc/sudoers

Keterangan : administrator adalah username yang mengalami kendala untuk melakukan perubahan, sesuaikan dengan username anda.

Sekarang lakukan perintah apt-get update
InsyaAllah sudah tidak error lagi :)

0 comments: