Saturday 15 October 2011

Posted by Admin | 0 comments

Saya dan mikrotik

Perkenalan saya dengan MikroTik kurang lebih 5 tahun lalu , pada awalnya saya sama sekali tidak mengerti apa itu MikroTik dan kegunaanya. Sifat penasaran saya yang tak terbendung membuat saya mencari informasi tentang MikroTik. Saya bertanya dengan orang yang mengerti fungsi dan kegunaan dari OS Router ini , ahirnya saya menemukan orang yang tepat untuk bertanya lebih banyak tentang hal ini. Dia adalah guru saya, Namanya Hari Murti  , saya biasa memanggilnya dengan sebutan "Pak De" hehehe. Beliau adalah guru sekaligus teman  saya yang saya kenal dari forum tercinta bluefame.com .

Berkat ilmu yang Pak De berikan, saya jadi semakin tertarik dengan OS router MikroTik dan memutuskan untuk mendalaminya. Keterbatasan perangkat dan resource tidak menghalangi saya. Dulu saya cuma punya 1 laptop dengan procecor celeron yang dengan ram pas-pasan. Saya hanya menggunakan virtual box untuk meng-configure MikroTik. Dan client pertama saya berhasil saya setup dalam waktu 3 hari 3 malam hehehehe , sampai saya harus tidur di tempat orang tersebut. Untungnya dia maklum, tapi malunya ga hilang-hilang :(. Pada saat itu saya hanya di bayar seadanya, itupun mungkin karena orangnya kasian aja sama saya:|

Oke,, itu cuma sekelumit cerita awal saya mengenal dunia networking khususnya MikroTik. Disanalah cerita panjang dimulai hingga saat ini. Mengenai MikroTik sendiri tidak perlu saya tulis karena bisa dilihat disitus resmi nya di www.mikrotik.com atau disitus wikipedia.

MikroTik sendiri dalam perjalanannya selalu berkembang dan berkembang, saat ini hampir seluruh client saya menggunakan perangkat ini . Saya sendiri tidak mengira dari 3 hari 3 malam itu mampu memberi hasil yang luar biasa.

Saya memiliki client dari berbagai macam kalangan, Mulai dari Usah kecil dan menengah seperti warnet, cafe, ISP , Instansi Pemerintah,dunia pendidikan, perusahaan besar dan hotel.

Inti yang saya pelajari selama ini, bahwa keterbatasan itu tidak boleh menghalangi kita untuk terus maju, jika kemauan sudah keras..solusi adalah keniscayaan.

Dilain waktu saya akan bercerita lebih banyak mengenai MikroTik , sekarang mau siap-siap malam mingguan dulu hehehe

0 comments: