Friday 14 October 2011

Posted by Admin | 0 comments

Saya dan Linux

Nama domain ini memang tidak terlepas dari ketertarikan saya dengan system operasi Linux. System operasi  berbasis Unix yang dikembangkan oleh Linus Torvalds ini mampu menarik perhatian jutaan orang di dunia bahkan sejak pertama kali di cetuskan Linus di sebuah milis. Linu.us sendiri merupakan penghargaan saya terhadap Sang legendaris Linus Torvalds :D

Hingga saat ini Linux berkembang menjadi banyak varian yang berdiri diatas Kernel Linux, Perkembangan pesat ini tidak terlepas dari system terbuka atau opensource yang di anut oleh Linux. Dengan begitu siapa saja dapat berkontribusi dalam mengembangkan system operasi ini.
Yang pada ahirnya design dari OS ini berkembang sesuai dengan kebutuhan. Lebih banyak tentang linux bisa di lihat di situs wikipedia. Karena kali ini saya tidak akan mengulas tentang Linux dari sisi history melainkan dari sisi personal, yaitu antara saya dan Linux ;)) .

Saya menggunakan linux Desktop sudah kurang-lebih 5th , masih terbilang baru di blantika perlinux-an indonesia :p . Berganti-ganti distro itu adalah manusiawi disaat awal,kalau sekarang masih ganti-ganti distro itu kebangetan :p. Sebagian besar Distro linux populer pernah saya gunakan, diantaranya Opensuse , Ubuntu, Fedora, Mandriva, Backtrack , Linux Mint, Sabilly , CentOS , dan beberapa distro populer lainya. Tidak sampai disitu, saya juga tertarik untuk mempelajari Linux server dan beberapa Linux server yang pernah saya configure untuk kebutuhan server diantaranya Opensuse Server, CentOS , Ubuntu dan beberpa varian Linux yang biasanya saya gunakan sebagai server Gateway,DNS server dan Bandwidh management seperti MikroTik dan ClearOS.

Ya.. Linux memang terkenal handal, baik digunakan sebagai Dekstop ( Work Station ) maupun server. Tidak heran banyak orang yang menyukai Linux , bahkan sekarang sudah banyak vendor yang mengembangkan linux mobile , seperti Migo dan Android.

Dibalik semua keunggulan Linux ,sama seperti System operasi yang lainnya tidak berarti Linux tidak memiliki celah atau kelemahan yang membuat sebagian orang mungkin enggan atau belum tertarik menggunakan Linux. Namun bagi saya itu tidak terlalu penting, karena saat ini menurut saya belum ada OS yang sempurna yang bisa menjawab semua kebutuhan user. Yang memprihatinkan adalah masih seringnya melihat orang-orang berdebat akan hal ini, membandingkan OS ini dengan OS itu dengan cara-cara yang tidak elegan. Mencibir dan mengejek OS lain. Bagi saya itu adalah pintu masuk ke arah kebodohan,bukannya bergerak maju tapi justru jauh mundur kebelakang. masuk ke pintu kebodohanya maju,tapi arahnya justru mundur teratur :D

Sikap fanatisme serperti itu yang mestinya dihilangkan, sikap seperti itu justru mengekerdilkan diri sendiri dan mencederai semangat openSource itu sendiri. Bagi saya Linux hanyalah sebuah alat, tools yang dapat membantu kita dan memudahkan kita. Namun kita tidak boleh tertutup dengan tools lain. Diluar sana banyak juga tools ( OS ) yang dapat kita manfaatkan untuk memudahkan pekerjaan maupun business proces kita. Prinsipnya adalah apapun tools yang kita gunakan, tidak merugikan orang lain ( Pengembang, Vendor dll ). Selama kita berada dijalur itu So What ???

Saya memang menyukai Linux , hampir semua aktivitas saya yang menggunakan Komputer saya jalankan di sistem operasi Linux, namun tidak berarti saya tertutup dengan system operasi lain. Karena bagi saya prinsip opensource itu adalah keterbukaan , keterbukaan fikiran , keterbukaan wawasan.

Ini adalah pendapat pribadi saya, tentu saya tidak memaksa orang lain untuk berpendapat sama ataupun mengamini apa yang saya tuliskan di blog ini. Namun saya berharap tidak ada lagi fanatisme-fanatisme yang tidak berdasar yang dapat menyesatkan banyak orang , jika ingin tersesat..pergilah sendiri hehehe

Sekian ulasan saya , dilain waktu saya akan menulis lebih banyak tentang pengalaman saya menggunakan Linux :)

0 comments: